Rabu, 28 Mei 2008

memperbaiki resolusi layar linux ubuntu hardy heron

ubuntu hardy heron sudah terinstall di laptop gw dengan baik... walau pada saat instalasi menemui kendala, yaitu resolusi layar yang gw miliki gak mendukung... gw gak pasrah sampai di situ aja.. dengan susah payah akhirnya ubuntu yang terbaru itu terinstall juga... masalah yang ada pada saat instalasi sekarang muncul lagi, tulisan yang ada di laptop gede-gede banget, kepikiran untuk mengganti resolusi dengan membuka system -> preferences -> screeen resolution.. tapi disana hanya tersedia resolusi 800 x 600 dan 600 x 480 sedangkan yang gw butuhin adalah 1024 x 768.


tapi sekarang semua kendala di atas sudah beres, berikut ini adalah tutorial untuk merubah resolusi layar agar menjadi 1024 x 768 berdasarkan penglaman yang gw lakuin... mungkin orang lain menggunakan cara yang lain, disini gw punya dua cara untuk mengatasinya.

cara pertama.

buka terminal sebagai super user
file yang menyimpan screen resolusi bernama xorg.conf yang terdapat pada di rektori /etc/X11
# pico /etc/X11/xorg.conf

cari tilisan seperti di bawah ini

Subsection "Display"
Depth 24
Modes "800x600" "640x480" "480x360" "320x240"
EndSubsection

tambahkan "1024x768"
Subsection "Display"
Depth 24
Modes "1024x768" "800x600" "640x480" "480x360" "320x240"
EndSubsection

tekan tombol ctrl+x untuk menyimpan

bagi gw sebagai newbie cara seperti ini terkadang membingungkan, sepertinya cara kedua lebih mudah. berikut cara kedua:

cara kedua.

pertama-tama kita harus merubah nama file asli yang ada di linux yang kita miliki, dengan cara:
#cd /etc/X11
#mv xorg.conf xorg.conf.ori
lalu buka os linux yang lain biasanya sudah termount dengan otomatis
di laptop gw os linux yang lain berada di /media/sda1. yaitu linux mint
#cd /media/sda1
anggap sekarang kita telah berada di direktori linux yang lain(linux mint), lalu masuk ke direktori tempat penyimpanan file screen resolution linux mint.
#cd etc/X11
copy file xorg.conf linux mint ke xorg.conf ubuntu hardy heron
#cp xorg.conf /etc/X11
sampai di sini sudah selesai pengkopian screen resolusi milik linux mint screen resolusi milik ubuntu.

agar perubahan dapat segera di lihat, sebaiknya restart komputer, biasanya apabila sudah di restart resolusi yang tadi di rubah dengan otomatis akan terpasang, dan apabila belum buka system -> preferences -> screen resolution-> pilih resolusi 1024 x 768 -> apply -> close.

ini hanya sebagai dokumentasi gw, tapi mudah-mudahan berguna untuk newbie yang lain..

Tidak ada komentar:

Anda pengunjung ke