Kamis, 29 Mei 2008

install software windows di linux ubuntu hardy heron

Dunia pendidikan yang ada saat ini memang kurang membantu gerakan open source.. sebenarnya keuntungan yang di dapat sangat banyak, sebagian besar dunia pendidikan berbasis windows.. windows adalah sistem operasi yang tidak gratis alias bayar.. untuk dunia pendidikan saat ini banyak sekali yang memakai sistem operasi windows bajakan.. secara tidak langsung mengajarkan pada siswanya untuk mendukung pembajakan.. padahal tidak seorang pun yang ingin hasil karyanya di bajak oleh orang lain.. dengan di ciptakan nya sistem operasi yang tidak perlu memiliki lisensi oleh linuz torvalds seharsnya dunia pendidikan indonesia berbangga hati dan mendukung program tersebut, seperti negara-negara lain di dunia... sudah banyak orang yang berhasil dengan sistem operasi tersebut, malah terbilang sukses.. bagi saya yang tidak ingin sama sekali menggunakan windows pada akhirnya kesulitan saat dosen memberi tugas.. kesulitannya bukan karena saya tidak dapat menggunakan linux, tapi karena dosen tersebut meminta untuk membuat tugas yang berextensi .doc dan .ppt, yang ada pada office miliknya windows... tidak menyerah sampai di situ saya tetap gunakan linux, setelah sharing dengan para pakar linux yang ada di tangerang akhirnya saya dapat program yang dapat menginstal offfice miliknnya word aplikasi ini dinamakan wine..

wine adalah sebuah program yang di buat untuk sistem operasi linux agar dapat menjalankan program-program windows. anggap saja wine adalah sebuah aplikasi untuk menjalankan program-program windows tapi bukan sebuah emulator, wine sama sekali tidak membutuhkan microsoft windows, karena program ini adalah penerapan alternatife dari windows api yang tidak sama sekali menggunakan code scrift dari microsoft.
sudah beberapa program windows yang saya install di wine dan dapat berjalan dengan baik,seperti: office 2003, delphi, visual basic. untuk lebih jelasnya tentang wine silahkan kunjungi situs wine.

berikut cara instalasi wine dengan menggunakan linux ubuntu hardy heron di laptop saya:
1. buka terminal sebagai super user (root)
untuk memudahkan instalasi anda harus terhubung dengan internet
2. ketikan perintah
#apt-get install wine
3. apabila proses instalasi wine sudah selesai saatnya menginstall program windows dengan cara:
a. buka main menu pilih wine -> wine file
wine file browser akan terbuka, pilihlah program atau instaler yang akan di jalankan dan double klik file tersebut, program instalation wizard akan di jalankan dan setup akan berlanjut layaknya di windows
b. melalui terminal
ketik perintah winefile
file browser akan terbuka sama seperti cara yang pertama
4. untuk memilih program windows yang telah terinstall silahkan pilih wine -> program -> program yang telah di install

selamat mencoba

referensi:E_N_D_Y'S BLOG

Tidak ada komentar:

Anda pengunjung ke