Kamis, 10 April 2008

cara install linux opensuse

Ingin meninggalkan windows tapi sayang dan cinta dengan tampilannya, cobalah pedekate sama linux openSuse yang satu ini sekarang telah hadir dengan kde terbarunya, yaitu kde 4, di jamin anda akan tergila-gila dengan tampilannya yang sangat menawan, dan melupakan mr windows yang sangat terkenal matre itu, berikut cara instalasi openSuse tanpa menghapus sistem operasi yang telah di instal (dual booting), selamat mencoba:

1.langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyediakan cd/dvd instaler linux openSuse, kemudian lakukanlah booting pada bios komputer/pc anda agar yang di baca pertama kali saat boot oleh sistem adalah cd-room/dvd-room, kemudian masukan cd/dvd tempat penyimpanan file iso linux, tungu beberapa saat sampai keluar menu installer openSuse.

2.langkah kedua untuk menginstall linux openSuse adalah dengan mengikuti petunjuk penginstalan pada menu pilihan istallation, kemudian pilih bahasa yang di inginkan sesuai dengan keinginan anda, klik tombol next.

3.pada menu check media pilih next.

4.pada menu licence agreement pilih yes, i agree kemudian pilih next.

5.pada menu installasion mode pilih new instalation.

6.pada menu clock anda time Zone pilih region and time Zone lalu sesuaikan dengan tanggal sekarang(time and date).

7.pada pilihan menu dekstop yaitu menu tampilan untuk dekstop anda pilih sesuai dengan keinginan, gnome atau kde, bagi anda yang suka dengan tampilan yang menggoda pilihlah menu kde, lalu tekan next.

8.pada menu installation setings pilih tombol change kemudian pilih base partiion setup on this proposal lalu next, jika anda sudah terinstall windows atau linux yang lainnya maka akan diperlihatkan partisi yang ada beserta partisi yang akan diinstall maka akan tercipta dual booting(windows dan opensuse). pada menu awal grub, selanjutnya tekan accept, tekan accept lagi.

9.pada menu confirm installation pilih menu confirm installatio. tunggulah beberapa saat sampai proses instalasi selesai, mungkin butuh waktu beberapa menit tergantung kecepatan dari pc yang anda miliki.

10.setelah selesai proses installasi selanjutnya akan diminta pasord untuk root, berikan password lalu berikan confirm lagi password tersebut kemudian nex(root dalam linux adalah super user yang berkuasa atas seluruh sistem yang anda miliki atau administrator).
11.pada menu hostname dan domain name diisi sesuai dengan kebutuhan lalu tekan next.

11.pada menu network konfiguration click next.

12.pada menu test intenet conection pilih saja no, skip this test lalu tekan next.

13.pada menu user Autentication Method pilih local(/etc/passwd)lalu next.

14.masukan nama user dan password pada menu new local user, next.

15.selanjutnya anda akan masuk ke menu hardware configuration lalu tekan next

16.tunggulan beberapa saat sampai terlihat installation completed lalu tekan tombol finish.

keluarkan cd/dvd yang dari cd-rom anda, boot ulang komputer tidak berapa lama akan tampil pilihan grub, pilihlah so yang ingin anda gunakan, klik openSuse, maka tidak lama kemudian anda harus memasukan nama user dan password user anda setelah tombol login di klik maka jreeeeeeeeeeng linux opensuse yang anda inginkan telah terinstall di dalam pc.

Tidak ada komentar:

Anda pengunjung ke