Sabtu, 31 Mei 2008

instalasi software di linux ubuntu hardy heron

Untuk menambah dan pengurangan program linux ubuntu yang ada di dalam dvd ada cara yang cukup mudah di lakukan yaitu melalui aplikasi synaptic package manager yang terletak pada menu System > Administrasi. untuk mengeset pemakaian awal aplikasi ini maka DVD yang berisi program linux ubuntu harus di masukan terlebih dahulu kedalam DVD-ROM komputer, sebuah pertanyaan akan muncul di layar monitor lalu tekan tombol start package manager untuk memulainya. setelah itu akan muncul tampilan yang meminta memasukan password dari super user(root), masukanlah password root milik anda. beberapa saat kemudian akan terjadi proses pemindaian dari DVD untuk memperbarui data pada synaptic package manager. selamat membaca.....

sebelum aplikasi synaptic terbuka akan terdapat informasi tentang struktur paket-paket Ubuntu yang terdapat pada DVD. tekan tombol Close untuk menutup, maka aplikasi synaptic manager siap untuk di gunakan.

gambar tampilan synaftic manager

pada bagian kiri sebelah kiri adalah kategori-kategory paket aplikasi yang di pasang pada komputer, sedangkan pada sebelah kanan adalah detail dari paket-paket aplikasi tersebut. apabila suatu aplikasi terpasang akan di tandai dengan gambar kotak disebelah tulisan paket akan berwarna biru, sedangkan kalau belum terpasang akan di tandai dengan gambar kotak putih, untuk memasang aplikasi yang perlu dilakukan adalah mengklik kanan aplikasi tersebut dan memilih mark for instalation, apabila terdapat paket-paket lain yang harus di pasang, maka akan terdapat informasi paket-paket tambahan yang harus di pasang, tekan tombol mark untuk menyetujui, setelah itu tekan tombol apply untuk menyetujui (tombol apply terdapat pada bagian atas)dan tekan tombol Ok pada tampilan berikutnya . tidak lama kemudian aplikasi yang di ingin kan terpasang pada komputer.

untuk menghilangkan suatu aplikasi caranya cukup mudah, klik kanan nama aplikasi yang ingin di hilangkan atau di hapus, kemudian pilih Mark for removal atau mark for complete removal dan kemudian tekan tombol apply. pada tampilan konfirmasi tekan tombol Ok. tidak lama kemudian aplikasi sudah hilang dari komputer..

referency : buku linux andi wahyu R.E
selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Anda pengunjung ke