Rabu, 09 April 2008

sistem operasi

pada saat awal masuk perkuliahan saya di suruh menghidupkan sebuah komputer oleh seorang dosen, pada waktu itu saya benar-benar tidak tahu cara menghidupkannya, kerena memang pada saat itu saya belum pernah menghidupkan sebuah pc sama sekali, ketika saya melihat teman-teman baru saya yang lain mereka sudah mahir dalam dunia komputer, keringat dingin keluar dari dari seluruh badan saya, sebenarnya di rumah ada sebuah komputer intel pentium 4, milik adik saya, tapi saya belum pernah sekali pun menggunakannya, tidak lama kemudian saya sangat tertarik dengan dunia komputer, ketika sudah enjoy dengan dunia komputer seorang dosen memberitahukan tentang lisensi suatu sistem operasi dan software, saya masih ingat betul pada saat itu dia mengatakan bahwa harga os mencapai jutaan untuk satu lisensi, kalo punya beberapa pc kita harus memiliki satu pc dengan satu lisensi, di tambah lagi dengan software dan program aplikasi lainnya yang harus memiliki lisensi juga, banyangkan harus berapa banyak uang yang harus kita keluarkan untuk memiliki seluruh lisensi itu. karena negara kita termasuk negara pembajak terbesar, kita dengan mudah mendapatkan sistem operasi dengan uang Rp.15000, atau bahkan pinjam dari teman.

mari kita dukung program permerintah dengan tidak menggunakan sistem operasi bajakan, bagi anda yang memiliki uang yang banyak pakailah so yang asli yang memiliki lisensi, bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan uang yang tidak terlalu banyak, atau tidak ingin keluar kocek sama sekali pakai lah so yang bersifat free, ada sebuah so yang bersifat free program ini bernama linux, kita bisa dengan gratis mendapatkan dengan memesan kepada distro yang ingin kita gunakan atau pinjam dari teman yang sudah memilikinya, karena linux ini bebas untuk di perbanyak dan di sebarkan oleh siapa saja, solusi ini bukan hanya karena linux gratisan, tapi karena kehandalannya, dan tidak tertutup, semuanya bersifat open source, artinya semua koding-koding yang ada di dalam nya terlihat, kita dapat merubah dengan sesuka hati asal tahu logikanya, kalo di windows kita gak pernah tau apa yang terjadi dengan sistem apabila kita melakukan suatu eksekusi, tapi di linux semuanya sudah terlihat dengan jelas.

cobalah beberapa disto dan turunan nya yang sesuai dengan hati anda, pakailah yang menurut anda cocok untuk anda gunakan, peluang kerja dengan sistem operasi linux sangat besar, karena microsoft sedang gencar melakukan rajia terhadap pengguna sistem operasi mereka yang di bajak, percayalah tidak ada kesulitan menggunakan linux, tidak ada istilah pintar di dalam dunia komputer, hanya kebiasaan dan ketekunan yang membuatnya menjadi mahir, linux adalah sistem operasi yang powerpull

Tidak ada komentar:

Anda pengunjung ke